Jumat, 16 Maret 2012

makalah askep perawatan diri


MAKALAH
ASUHAN KEPERAWATAN PERAWATAN DIRI

Diajukan Untuk Memeuhi Salah Satu Tugas
                                                      Mata Kuliah Keperawatan Jiwa 1



Disusun Oleh :
-Dadan Suhendar
-Nita Mulyana
-Atik Suharti
-Yopan Bagus G
-Yustika Rusminanti




AKPER YPIB MAJALENGKA
2012
KATA PENGANTAR

                  Puji dan syukur penulis panjatakan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul ” Asuhan Keperawatan Perawatan Diri “. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas kelompok mata kuliah  Keperawatan Jiwa 1  program study D3 Keperawatan AKPER YPIB Majalengka.
                   Selain itu, penyusun menyadari dalam penyusunan makalah ini banyak kekurangan dan banyak kesalahan. Oleh karena itu dimohon kritik dan sarannya.





                                                                                                          Majalengka, Maret 2012

                                                                                                                           penyusun








DAFTAR ISI


Hal
KATA PENGANTAR
............................................................................................
i
DAFTAR ISI
............................................................................................
ii



BAB 1 PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
............................................................................................
1
1.2  Tujuan Penulis
............................................................................................
1






BABII PEMBAHASAN


 2.1  Pengertian
.............................................................................................
2
 2.2  Jenis-jenis perawatan  diri
.............................................................................................
2
       2. 3  Etiologi
.............................................................................................
3
       2. 4 Tanda Dan Gejala
.............................................................................................
4
 2.5 Mekanisme Koping
.............................................................................................
4
 2. 6 Rentang Respon Kognitip
.............................................................................................
4
       2.7  Pohon Masalah
.............................................................................................
5
       2.8 Asuhan Keperawatan
      .............................................................................................
6

     




BAB III PENUTUP


3.1 Kesimpulan
.   ............................................................................................
7
3.2 Saran
....  ............................................................................................
7



DAFTAR PUSTAKA
....  ............................................................................................
8







BAB I
PENDAHULUAN

       1.1    Latar Belakang
Perawatan diri adalah salah satu kemampuan dasar manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, kesehatan dan kesejahteraan sesuai dengan kondisi kesehatannya.Defisit perawatan diri merupakan suatu kondisi pada seseorang yang mengalami kelemahan kemampuan dalam melakukan/melewati aktivitas perawatan diri secara mandiri.
Pemeliharaan hygiene perorangan diperlukan untuk kenyamanan individu, keamanan, dan kesehatan. Seperti pada orang sehat dapat memenuhi kebutuhan personal hygienenya sendiri. Cara perawatan diri menjadi rumit dikarenakan kondisi fisik atau keadaan emosional klien. Selain itu,beragam faktor pribadi dan sosial budaya mempengaruhi praktik hygiene klien.
Karena perawatan hygiene seringkali memerlukan kontak yang dekat dengan klien maka perawat menggunakan ketrampilan komunikasi untuk meningkatkan hubungan terapeutik dan belajar tentang kebutuhan emosional klien.
Oleh karena itu penulis membahas makalah ini untuk mempelajari tentang defisit perawatan diri dan mengkaji pasien dengan gangguan perawatan diri.
      1. 2   Tujuan
Tujuan utama dalam pembuatan makalah ini adalah sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan mata kuliah Keperawatan Jiwa.Adapun tujuan lainnya yaitu:
        a.       Mahasiswa mengetahui dan memahami defisit perawatan diri.
        b.       Mahasiswa mengetahui dan memahami etiologi defisit perawatan diri.
        c.       Mahasiswa mengetahui manifestasi klinis defisit perawatan diri.
        d.       Mahasiswa mengetahui mekanisme koping defisit perawatan diri.
        e.       Mahasiswa mengetahui dan memahami intervensi dari defisit perawatan diri dan  dapat
               mengimplementasikannya.






BAB II
PEMBAHASAN

      2. 1   Pengertian
Perawatan diri adalah salah satu kemampuan dasar manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna memepertahankan kehidupannya, kesehatan dan kesejahteraan sesuai dengan kondisi kesehatannya, klien dinyatakan terganggu keperawatan dirinya jika tidak dapat melakukan perawatan diri (Depkes 2000). Defisit perawatan diri adalah gangguan kemampuan untuk melakukan aktifitas perawatan diri (mandi, berhias, makan, toileting) (Nurjannah, 2004).
http://2.bp.blogspot.com/-uz9Tji_5OVs/Thz3-qcCIoI/AAAAAAAAABk/6PCw0sOtny0/s200/dpd.jpeg
Menurut Poter. Perry (2005), Personal hygiene adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis, kurang perawatan diri adalah kondisi dimana seseorang tidak mampu melakukan perawatan kebersihan untuk dirinya (Tarwoto dan Wartonah 2000).
Defisit Perawatan Diri adalah Suatu kondisi pada seseorang yang mengalami kelemahan kemampuan dalam melakukan/melewati aktivitas perawatan diri secara mandiri.
.
       2.2     Jenis-jenis Perawatan Diri
      1.   Kurang perawatan diri : Mandi / kebersihan
Kurang perawatan diri (mandi) adalah gangguan kemampuan untuk melakukan aktivitas mandi/kebersihan diri.
      2.    Kurang perawatan diri : Mengenakan pakaian / berhias.
Kurang perawatan diri (mengenakan pakaian) adalah gangguan kemampuan memakai pakaian dan aktivitas berdandan sendiri.
      3.   Kurang perawatan diri : Makan
Kurang perawatan diri (makan) adalah gangguan kemampuan untuk menunjukkan aktivitas makan.
      4.   Kurang perawatan diri : Toileting
Kurang perawatan diri (toileting) adalah gangguan kemampuan untuk melakukan atau menyelesaikan aktivitas toileting sendiri (Nurjannah : 2004, 79)
       2.3    Etiologi
         Menurut Tarwoto dan Wartonah (2000) penyebab kurang perawatan diri adalah sebagai berikut :
      1.   Kelelahan fisik
      2.   Penurunan kesadaran
          Menurut Depkes (2002:20), penyebab kurang perawatan diri adalah :
       1.      Faktor predisposisi:
          a.  Perkembangan
          Keluarga terlalu melindungi dan memanjakan klien sehingga perkembangan inisiatif terganggu.
          b. Biologis
          Penyakit kronis yang menyebabkan klien tidak mampu melakukan perawatan diri.
          c.  Kemampuan realistis turun
           Klien dengan gangguan jiwa dengan kemampuan realitas yang kurang menyebabkan ketidakpedulian dirinya dan lingkungan termasuk perawatan diri.
          d.    Sosial
            Kurang dukungan dan latihan kemampuan perawatan diri lingkungannya situasi lingkungan mempengaruhi latihan kemampuan dalam perawatan diri.
       2.      Faktor presipitasi
       Yang merupakan faktor presipitasi deficit perawatan diri adalah kurang penurunan motivasi, kerusakan kognisi atau perceptual, cemas, lelah / lemah yang dialami individu sehingga menyebabkan individu kurang mampu melakukan perawatan diri.
Menurut Depkes (2000 : 59) faktor – faktor yang mempengaruhi personal hygiene adalah :

       a.  Body image
          Gambaran individu terhadap dirinya sangat mempengaruhi kebersihan diri, misalnya dengan adanya perubahan fisik sehingga individu tidak peduli dengan kebersihan dirinya.
       b. Praktik sosial
          Pada anak – anak selalu dimanja dalam kebersihan diri maka kemungkinan akan terjadi perubahan pada personal hygiene.
       c.  Status sosial ekonomi
         Personal hygiene memerlukan alat dan bahan seperti sabun, pasta gigi, sikat gigi, shampoo, alat mandi yang semuanya memerlukan uang untuk menyediakannya.
       d. Pengetahuan
          Pengetahuan personal hygiene sangat penting karena pengetahuan yang baik dapat meningkatkan kesehatan. Misalnya pada pasien diabetes mellitus ia harus menjaga kebersihan kakinya.
       e.   Budaya
           Di sebagian masyarakat jika individu sakit tertentu tidak boleh dimandikan.
       f.  Kebiasaan seseorang
        Ada kebiasaan orang yang menggunakan produk tertentu dalam perawatan diri seperti penggunaan sabun, shampoo dan lain – lain.
       g.  Kondisi fisik atau psikis
           Pada keadaan tertentu / sakit kemampuan untuk merawat diri berkurang dan perlu bantuan untuk melakukannya.
Dampak yang sering timbul pada masalah personal hygiene :
1. Dampak fisik
           Banyak gangguan kesehatan yang diderita seseorang karena tidak terpeliharanya kebersihan perorangan dengan baik, gangguan fisik yang sering terjadi adalah gangguan integritas kulit, gangguan membrane mukosa mulut, infeksi pada mata dan telinga dan gangguan fisik pada kuku.
2. Dampak psikososial
            Masalah sosial yang berhubungan dengan personal hygiene adalah kebutuhan rasa nyaman, kebutuhan dicintai dan mencintai, kebutuhan harga diri, aktualisasi diri dan gangguan interaksi sosial.
     


       2.4    Tanda Dan Gejala
              Menurut Depkes (2000: 20) Tanda dan gejala klien dengan defisit perawatan diri adalah :
      1.   Fisik
           a.       Badan bau, pakaian kotor.
           b.      Rambut dan kulit kotor.
           c.       Kuku panjang dan kotor.
           d.      Gigi kotor disertai mulut bau.
           e.       Penampilan tidak rapi.
      2.   Psikologis
           a.       Malas, tidak ada inisiatif.
           b.      Menarik diri, isolasi diri.
           c.       Merasa tak berdaya, rendah diri dan merasa hina.
     3.   Sosial
           a.       Interaksi kurang.
           b.       Kegiatan kurang
           c.       Tidak mampu berperilaku sesuai norma.
           d.      Cara makan tidak teratur BAK dan BAB di sembarang tempat, gosok gigi dan mandi tidak mampu mandiri
      
        2. 4    Mekanisme Koping
             1.      Regresi
             2.      Penyangkalan
             3.      Isolasi diri, menarik diri
             4.      Intelektualisasi

        2.5     Rentang Respon Kognitif
             Asuhan yang dapat dilakukan keluarga bagi klien yang tidak dapat merawat diri sendiri adalah :
               1.    Meningkatkan kesadaran dan kepercayaan diri
                       a.       Bina hubungan saling percaya.
                       b.      Bicarakan tentang pentingnya kebersihan.
                       c.       Kuatkan kemampuan klien merawat diri.
                2.      Membimbing dan menolong klien merawat diri.
                        a.       Bantu klien merawat diri
                        b.      Ajarkan ketrampilan secara bertahap
                        c.       Buatkan jadwal kegiatan setiap hari
                3.      Ciptakan lingkungan yang mendukung
                  a.   Sediakan perlengkapan yang diperlukan untuk mandi.
                  b.   Dekatkan peralatan mandi biar mudah dijangkau oleh klien.
                  c.    Sediakan         lingkungan   yang aman dan nyaman bagi klien misalnya, kamar            
                        mandi yang dekat dan tertutup.

 2.6 Pohon Masalah
Penurunan kemampuan dan motivasi merawat diri

Isolasi social

Defisit perawatan diri : mandi, toileting, makan, berhias.


















       2.7 Asuhan Keperawatan
       A.   Pengkajian
         1.   Identitas klien
  Nama                   : Tn. A
  Jenis kelamin       : Laki-laki
  Umur                   : 35 Tahun
  tinggal                 :
  Status                  :
          2.   Riwayat kesehatan
                    ·         RKS :lelah,badan bau,rambut kotor dan pemalas
                    ·         RKD : apakah pernah sebelumnya mengalami deficit perawatan diri,dan apa-apa     
                          saja cara yang digunakan untuk mengatasi masalah ini.
                    ·         RKK : adakah keluarga mengalami deficit perawatan diri sebelumnya.
          3.   Keluhan utama
          Penurunan kemampuan dan motivasi merawat diri,Defisit perawatan diri dan Isolasi Sosial



     B.Analisa  Data
      Data yang biasa ditemukan dalam deficit perawatan diri adalah :
        1.      Data subyektif
              ·         Klien    mengatakan dirinya malas    mandi    karena airnya dingin atau di RS tidak
                     tersedia alat mandi.
              ·         Klien mengatakan dirinya malas berdandan.
              ·         Klien mengatakan ingin di suapi makan.
              ·         Klien mengatakan jarang membersihkan alat kelaminnya setelah BAK atau BAB.
              ·         Pasien merasa lemah
              ·         Malas untuk beraktivitas
              ·          Merasa tidak berdaya.
        2.      Data obyektif
              ·         Ketidakmampuan     mandi/membersihkan   diri ditandai dengan rambut kotor, gigi  
                     kotor, kulit berdaki, dan berbau, serta kuku panjang dan kotor.
              ·        Ketidakmampuan berapakaian/berhias ditandai dengan rambut acak-acakan, pakaian
                    kotor   dan tidak rapi, pakaian     tidak sesuai,    tidak bercukur (laki-laki), atau tidak
                    berdandan (wanita).
              ·         Ketidakmampuan makan    secara       mandiri       ditandai dengan ketidakmampuan
                    mengambil makan sendiri
              ·       Ketidakmampuan    BAB/BAK     secara     mandiri  ditandai BAB/BAK tidak pada  
                    tempatnya, tidak membersihkan diri dengan baik setelah BAB/BAK
              ·         Rambut kotor, acak – acakan
              ·         Badan dan pakaian kotor dan bau
              ·         Mulut dan gigi bau.
              ·         Kulit kusam dan kotor
              ·         Kuku panjang dan tidak terawat




          C.   Diagnosa Keperawatan
             Menurut Depkes (2000: 32) diagnosa keperawatan yang muncul pada pasien defisit perawatan diri yaitu:
      1.   Penurunan kemampuan dan motivasi merawat diri
      2.   Defisit perawatan diri.
      3.   Isolasi Sosial.



         D.   Intervensi Keperawatan
             Diagnosa keperawatan: penurunan kemampuan dan motivasi merawat diri.
Tujuan Umum
           Klien dapat meningkatkan minat dan motivasinya untuk memperhatikan kebersihan diri.
Tujuan Khusus
TUK I : Klien dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat.

Kriteria evaluasi
             Dalam berinteraksi klien menunjukan tanda-tanda percaya pada perawat:
a. Wajah cerah, tersenyum
b. Mau berkenalan
c. Ada kontak mata
d. Menerima kehadiran perawat
e. Bersedia menceritakan perasaannya

Intervensi :
a. Berikan salam setiap berinteraksi.
b. Perkenalkan nama, nama panggilan perawat dan tujuan perawat berkenalan.
c. Tanyakan nama dan panggilan kesukaan klien.
d. Tunjukan sikap jujur dan menepati janji setiap kali berinteraksi.
e. Tanyakan perasaan dan masalah yang dihadapi klien.
f. Buat kontrak interaksi yang jelas.
g. Dengarkan ungkapan perasaan klien dengan empati.
h. Penuhi kebutuhan dasar klien.

TUK II : klien dapat mengenal tentang pentingnya kebersihan diri.
Kriteria evaluasi
             Klien dapat menyebutkan kebersihan diri pada waktu 2 kali pertemuan, mampu menyebutkan kembali kebersihan untuk kesehatan seperti mencegah penyakit dan klien dapat meningkatkan cara merawat diri.

Intervensi
a. Bina hubungan saling percaya dengan menggunakan prinsip komunikasi terapeutik.
b. Diskusikan bersama klien pentingnya kebersihan diri dengan cara menjelaskan pengertian tentang arti bersih dan tanda- tanda bersih.
c. Dorong klien untuk menyebutkan 3 dari 5 tanda kebersihan diri.
d. Diskusikan fungsi kebersihan diri dengan menggali pengetahuan klien terhadap hal yang berhubungan dengan kebersihan diri.
e.Bantu klien mengungkapkan arti kebersihan diri dan tujuan memelihara kebersihan diri.
f. Beri reinforcement positif setelah klien mampu mengungkapkan arti kebersihan diri.
g. Ingatkan klien untuk memelihara kebersihan diri seperti: mandi 2 kali pagi dan sore, sikat gigi minimal 2 kali sehari (sesudah makan dan sebelum tidur), keramas dan menyisir rambut, gunting kuku jika panjang.

TUK III : Klien dapat melakukan kebersihan diri dengan bantuan perawat.
Kriteria evaluasi
           Klien berusaha untuk memelihara kebersihan diri seperti mandi pakai sabun dan disiram pakai air sampai bersih, mengganti pakaian bersih sehari–hari, dan merapikan penampilan.

Intervensi
a. Motivasi klien untuk mandi.
b. Beri kesempatan untuk mandi, beri kesempatan klien untuk mendemonstrasikan cara memelihara kebersihan diri yang benar.
c. Anjurkan klien untuk mengganti baju setiap hari.
d. Kaji keinginan klien untuk memotong kuku dan merapikan rambut.
e. Kolaborasi dengan perawat ruangan untuk pengelolaan fasilitas perawatan kebersihan diri, seperti mandi dan kebersihan kamar mandi.
f. Bekerjasama dengan keluarga untuk mengadakan fasilitas kebersihan diri seperti odol, sikat gigi, shampoo, pakaian ganti, handuk dan sandal.

TUK IV : Klien dapat melakukan kebersihan perawatan diri secara mandiri.
Kriteria evaluasi
             Setelah satu minggu klien dapat melakukan perawatan kebersihan diri secara rutin dan teratur tanpa anjuran, seperti mandi pagi dan sore, ganti baju setiap hari, penampilan bersih dan rapi.

Intervensi
Monitor klien dalam melakukan kebersihan diri secara teratur, ingatkan untuk mencuci rambut, menyisir, gosok gigi, ganti baju dan pakai sandal.

TUK V : Klien dapat mempertahankan kebersihan diri secara mandiri.
Kriteria evaluasi
            Klien selalu tampak bersih dan rapi.
Intervensi
1. Beri reinforcement positif jika berhasil melakukan kebersihan diri.

TUK VI : Klien dapat dukungan keluarga dalam meningkatkan kebersihan diri.
Kriteria evaluasi
            Keluarga selalu mengingatkan hal–hal yang berhubungan dengan kebersihan diri, keluarga menyiapkan sarana untuk membantu klien dalam menjaga kebersihan diri, dan keluarga membantu dan membimbing klien dalam menjaga kebersihan diri.

Intervensi
a. Jelaskan pada keluarga tentang penyebab kurang minatnya klien menjaga kebersihan diri.
b. Diskusikan bersama keluarga tentang tindakanyang telah dilakukan klien selama di RS dalam menjaga kebersihan dan kemajuan yang telah dialami di RS.
c. Anjurkan keluarga untuk memutuskan memberi stimulasi terhadap kemajuan yang telah dialami di RS.
d. Jelaskan pada keluarga tentang manfaat sarana yang lengkap dalam menjaga kebersihan diri klien.
e. Anjurkan keluarga untuk menyiapkan sarana dalam menjaga kebersihan diri.
f. Diskusikan bersama keluarga cara membantu klien dalam menjaga kebersihan diri
g. Diskusikan dengan keluarga mengenai hal yang dilakukan misalnya:
mengingatkan pada waktu mandi, sikat gigi, mandi, keramas, dan lain-lain.


E. Implementasi.
     DX.  a. Memberikan salam setiap berinteraksi.
              b. Memperkenalkan nama, nama panggilan perawat dan tujuan perawat berkenalan.
              c. Menanyakan nama dan panggilan kesukaan klien.
              d. Menunjukan sikap jujur dan menepati janji setiap kali berinteraksi.
              e. Menanyakan perasaan dan masalah yang dihadapi klien.
              f. Membuat kontrak interaksi yang jelas.
              g. Mendengarkan ungkapan perasaan klien dengan empati.
              h. Memenuhi kebutuhan dasar klien.
     DX.  a. Membina    hubungan saling    percaya   dengan menggunakan prinsip komunikasi 
                  terapeutik.
              b. Bediskusikan   bersama   klien       pentingnya   kebersihan  diri     dengan   cara
                  menjelaskan  pengertian tentang arti bersih dan tanda- tanda bersih.
              c. Mendorong klien untuk menyebutkan 3 dari 5 tanda kebersihan diri.
              d. Diskusikan fungsi kebersihan diri dengan menggali pengetahuan klien terhadap
                   hal    yang berhubungan dengan kebersihan diri.
              e. Membantu klien mengungkapkan    arti    kebersihan diri    dan tujuan memelihara
                  kebersihan   diri.
              f. Memberi    reinforcement        positif setelah     klien mampu mengungkapkan arti
                  kebersihandiri.
             g. Mengingatkan klien untukmemelihara kebersihandiri seperti: mandi 2 kali pagi dan
                 sore, sikat gigi minimal 2   kali sehari (sesudah makan dan sebelum tidur), keramas
                 dan menyisir rambut, gunting kuku jika panjang.
     DX. a. Memotivasi klien untuk mandi.
             b.Memberi       kesempatan      untuk       mandi,    beri      kesempatan     klien untuk
                 mendemonstrasikan cara memelihara kebersihan diri yang benar.
             c. Menganjurkan klien untuk mengganti baju setiap hari.
             d. Mengkaji keinginan klien untuk memotong kuku dan merapikan rambut.
             e. Berkolaborasi  dengan  perawat   ruangan  untuk   pengelolaan  fasilitas perawatan
                 kebersihan diri, seperti mandi dan kebersihan kamar mandi.
             f. Bekerjasama dengan keluarga untuk mengadakan fasilitas kebersihan diri seperti          
                odol, sikat gigi, shampoo, pakaian ganti, handuk dan sandal.


    DX. Memonitor  klien  dalam  melakukan  kebersihan  diri   secara  teratur, ingatkan untuk
            mencuci rambut, menyisir, gosok gigi, ganti baju dan pakai sandal.

    DX . 1. Memberi reinforcement positif jika berhasil melakukan kebersihan diri.

    DX.  a. Menjelaskan pada keluarga tentang penyebab kurang minatnya klien menjaga
                 kebersihan diri.
             b. Berdiskusikan   bersama   keluarga   tentang   tindakanyang    telah dilakukan klien
                 selama di RS dalam menjaga kebersihan dan kemajuan yang telah dialami di RS.
             c. Menganjurkan keluarga untuk memutuskan memberi stimulasi terhadap kemajuan
                yang   telah dialami di RS.
            d.Menjelaskan pada keluarga tentang manfaat sarana yang lengkap dalam menjaga
               kebersihan diri klien.
            e. Menganjurkan  keluarga untuk   menyiapkan sarana dalam menjaga kebersihan diri.
            f. Berdiskusikan    bersama keluarga  cara membantu klien dalam menjaga kebersihan
               diri
            g. Berdiskusikan dengan keluarga mengenai hal yang dilakukan misalnya:
                mengingatkan pada waktu mandi, sikat gigi, mandi, keramas, dan lain-lain.

 F. Evalusi
           Setelah diberikan asuhan keperawatan terhadap klien, kebutuhan perawatan diri klien terpenuhi






















BAB III
PENUTUP

3.1 kesimpulan
                  Perawatan diri adalah salah satu kemampuan dasar manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna memepertahankan kehidupannya, kesehatan dan kesejahteraan sesuai dengan kondisi kesehatannya


3.1 Saran
            Semoga Makalah ini dapat berguna bagi penyusun dan pembaca. Kritik dan saran sangat diharapkan untuk pengerjaan berikutnya yang lebih baik






















DAFTAR PUSTAKA

Carpenito, Lynda Juall. 2001. Buku Saku Diagnosa Keperawatan. Edisi 8. Jakarta : EGC.
Depkes. 2000. Standar Pedoman Perawatan jiwa.
Kaplan Sadoch. 1998. Sinopsis Psikiatri. Edisi 7. Jakarta : EGC
Keliat. B.A. 2006. Modul MPKP Jiwa UI . Jakarta : EGC
Keliat. B.A. 2006. Proses Keperawatan Jiwa. Jakarta : EGC
Nurjanah, Intansari S.Kep. 2001. Pedoman Penanganan Pada Gangguan Jiwa. Yogyakarta : Momedia
Perry, Potter. 2005 . Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta : EGC
Rasmun S. Kep. M 2004. Seres Kopino dan Adaptasir Toors dan Pohon Masalah Keperawatan. Jakarta : CV Sagung Seto
Stuart, Sudden, 1998. Buku Saku Keperawatan Jiwa edisi 3. Jakarta : EGC
Santosa, Budi. 2005. Panduan Diagnosa Keperawatan Nanda, 2005 รข€“ 2006. Jakarta : Prima Medika.
Stuart, GW. 2002. Buku Saku Keperawatan Jiwa. Edisi 5. Jakarta: EGC.
Tarwoto dan Wartonah. 2000. Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta.
Townsend, Marry C. 1998. Buku Saku Diagnosa Keperawatan pada Perawatan Psikiatri edisi 3. Jakarta. EGC

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management