KATA PENGANTAR
Bismillahirahmanirahim.
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas
Rahmat dan Inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini. Shalawat dan
salam marilah senantiasa kita junjungkan kehadirat Nabi Muhammad SAW.
Kami ucapkan terima kasih yang kepada para pengajar,
fasilitator dan narasumber atas bimbingan dan pendidikan yang diberikan
sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Makalah ini
merupakan hasil diskusi kelompok 6 pada kasus malnutrisi. Pembahasan di dalamnya
kami dapatkan dari kuliah, browsing internet, buku-buku text book, diskusi
anggota, dll. Dengan pemahaman berdasarkan pokok bahasan masalah gizi pada
proses tumbuh kembang.
Kami sadari makalah ini masih jauh dari
kesempurnaan. Kritik dan saran yang membangun dari semua pihak sangat kami
harapkan demi kesempurnaannya.
Demikian yang dapat kami sampaikan, Insya Allah
makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi kami yang sedang menempuh
pendidikan dan dapat dijadikan pelajaran bagi adik-adik kami selanjutnya.
“Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Maka
bila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh
urusan yang lain. Dan hanya kepada tuhanmulah hendaknya kamu berharap. (Q.S. Al
Insyirah:6-7)”
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan
yang dikonsumsi secara normal melalui proses digestif, absorbsi, transportasi,
penyimpanan, metabolisme, dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk
mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta
menghasilkan energi. Tanpa adanya gizi yang adekuat, maka kualitas hidup tidak
akan optimal dan tentunya akan mempenagruhi proses tumbuh kembang.
1.2 Tujan
Tujuan umum dibuatnya makalah ini adalah mengetahuinya
gangguan gizi pada anak usia sekolah. sedangkan tujuan khusus dari pembuatan
makalah ini meliputi :
- Mengetahui patofiifologi dari gangguan gizi.
- Mengetahui manifestasi klinis dari tiap malnutrisi.
- Menegtahui masalah yang dialami anak dan penatalaksanaan malnutrisi.
- Mengetahui dampak malnutrisi.
- Mengetahui proses tumbuh kembang anak usia sekolah terkait masalah.
- Menerapkan proses keperawatan dari malnutrisi.
- Mengetahui promotif dan prefentif dari malnutrisi.
1.3 Batasan Masalah
Pada makalah ini penyusun memberikan batasan
masalah yaitu hal-hal yang akan dibahas dalam makalah ini terkait dengan
gangguan gizi pada anak (malnutrisi atau underweight). Adapun malnutrisi yang
akan dibahas disini adalah marasmus dan kwashiorkor beseta dampaknya.
BAB II
LANDASAN TEORI
1. Gizi (Nutrition)
Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan
yang dikonsumsi secara normal melalui proses digestif, absorbsi, transportasi,
penyimpanan, metabolisme, dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk
mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta
menghasilkan energi.
2. Keadaan Gizi
Keadaan akibat dari keseimbangan antara konsumsi dan
penyerapan zat gizi dan penggunaan zat-zat gizi tersebut, atau keadaan
fisiologik akibat dari tersedianya zat gizi dalam seluler tubuh.
3. Status Gizi
Ekspresi dari keadaan keseimbangan dalam bentuk
variabel tertentu atau perwujudan dari nutriture dalam bentuk variabel
tertentu. Contoh : gondok endemik merupakan keadaan tidak seimbangnya pemasukan
dan pengeluaran yodium dalam tubuh.
4. Prinsip-prinsip Nutrisi
Tubuh memerlukan bahan bakar untuk menyediakan energy
atau fungsi organ dan pergerakan badan, untuk mempertahankan suhu tubuh dan
untuk menyediakan material mentah untuk fungsi enzim, pertumbuhan, penempatan
kmebali dan perbaikan sel.
Kebutuhan energi individu dipengaruhi oleh beberapa
factor. Kebutuhan energi seseorang ketika sedang istirahat disebut laju
metabolism basal (BMR) adalah energy yang diperlukan pada tingkat rendah fungsi
seluler. Persamaan umumnya diperkirakan untuk perkiraan penggunaan energy
basal (BEE).
Energi merupakan elemen penting untuk proses dan
fungsi tubuh. Enma kategori zat makanan ialah air, karbohidrat, protein, lemak,
vitamin dan mineral.
5. Malnutrisi
Keadaan patologis akibat kekurangan atau kelebihan
secara relative maupun absolut satu atau lebih zat gizi.
- Under nutrition : kekurangan konsumsi pangan secara relative atau absoluut untuk periode tertentu.
- Spesific deficiency : kekurangan zat gizi tertentu, misalnya kekurangan vitamin A, yodium, Fe, dll.
- Over nutrition : kelebihan konsumsi pangan untuk periode tertentu.
- Imbalance : karena disporposi zat gizi, misalnya : kolesterol terjadi karena tidak seimbangnya LDL, HDL, dan VLDL.
6. Kurang Energi Protein (KEP)
Kurang energi protein adalah seseorang yang kekurangan
gizi yang disebabkan oleh rendahnya konsumsi energi dan protein dalam makanan
sehari-hari dan atau gangguan penyakit tertentu.
7. Penialaian Status Gizi
à Secara Langsung
- Antropometri
Antropometri gizi berhubungan dengan berbagai macam
pengkuran dimensi tubuh dan komposisi tubuh dari berbagai tingkat umur dan
tingkat gizi Antropometri secar umum dugunakan untuk melihat ketidakseimbangan
asupan protein dan energi yang akan terlihat pada pola pertumbuhan fisik dan proporsi
jaringan tubuh seperti lemak, otot dan jumlah air dalam tubuh.
BB/U x 100% = 100% à Gizi baik
TB/U x 100% = 100% à Gizi baik
BB/TB x 100% = 100% à Gizi baik
- Klinis
Penilaian status gizi berdasarkan perubahan-perubahann
yangg terjadi dan dihubungkan dengan ketidakcukupan zat gizi. Misal : penilaian
pada kulit, rambut, dan mukosa oral.
- Biokimia
Pemerikasaan spesimen yang diuji secara laboratoris
yang dilakukan pada berbagai macam jaringan tubuh. Misal : darah, tinja, urine.
- Biofisik
Penentuan status gizi dengn melihat kemampuan fungsi
dan melihat perubahan struktur dan jaringan.
à Secara tak Langsung
- Survei konsumsi makanan
Metode penentuan status gizi dengan melihat jumlah dan
jenis zat yang dikonsumsi.
- Statistik vital
Penilaian status gizi dengan menganalisa data bebrapa
statistik kesehatan seperti angka kematian berdasarkan umur.
- Faktor ekologi
Jumlah makanan yang tersedia sangat tergantung dari
keadaan ekologi seperti iklim, tanah, irigasi.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Kasus VI
An. S (7 tahun) datang ke poli tumbuh kembang dengan
kondisi kulit tampak kusam, rambut kemerahan dan jarang, BB 12 kg/ TB 112 cm.
An. S tampak sulit berkomunikasi dan takut berinteraksi dengan orang lain.
Lengkapi data penunjang.
Tentukan :
- Penatalaksanaan malnutrisi
- Proses keperawatan An. S
- Tumbang An. S
- Kolaborasi dengan dokter dan ahli gizi
- Preventif dan promotif
3.2 Masalah Gizi
Malnutrisi (gizi buruk)
Malnutrisi adalah suatu istilah umum yang merujuk pada
kondisi medis yang disebabkan oleh diet yang tak tepat atau tak cukup. Walaupun
seringkali disamakan dengan kurang gizi yang disebabkan oleh kurangnya
konsumsi, buruknya absorpsi, atau kehilangan besar nutrisi atau gizi, istilah
ini sebenarnya juga mencakup kelebihan gizi (overnutrition) yang
disebabkan oleh makan berlebihan atau masuknya nutrien spesifik secara
berlebihan ke dalam tubuh. Seorang akan mengalami malnutrisi jika tidak
mengkonsumsi jumlah atau kualitas nutrien yang mencukupi untuk diet sehat
selama suatu jangka waktu yang cukup lama. Malnutrisi yang berlangsung lama
dapat mengakibatkan kelaparan, penyakit, dan infeksi.
Tanda-tanda dari banyak kasus malnutrisi yaitu ketika
cadanagn nutrisi dihabiskan dan nutrisi serta energi yang masuk tidak mencukupi
untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau tidak memenuhi tanbahan metabolic
yang meningkat.
Defisiensi gizi dapat terjadi pada anak yang kurang
mendapatkan masukan makanan dalam waktu lama. Istilah dan klasifikasi gangguan
kekurangan gizi amat bervariasi dan masih merupakan masalah yang pelik.
Walaupun demikian, secara klinis digunakan istilah malnutrisi energi dan
protein (MEP) sebagai nama umum. Penentuan jenis MEP yang tepat harus dilakukan
dengan pengukuran antropometri yang lengkap (tinggi badan, berat badan, lingkar
lengan atas dan tebal lipatan kulit), dibantu dengan pemeriksaan laboratorium
Klasifikasi
Untuk kepentingan praktis di klinik maupun di lapangan
klasifikasi MEP ditetapkan dengan patokan perbandingan berat badan terhadap
umur anak sebagai berikut:
1) Berat badan 60-80% standar tanpa edema : gizi
kurang (MEP ringan)
2) Berat badan 60-80% standar dengan edema :
kwashiorkor (MEP berat)
3) Berat badan <60% : marasmus (MEP berat)
4) Berat badan <60% : marasmik kwashiorkor (MEP
berat)
Gizi
Baik(%)
|
Gizi
Kurang(%)
|
Gizi
Buruk(%)
|
|
BB/U
|
80-100
|
60-80
|
<60
|
TB/U
|
95-100
|
85-95
|
<85
|
BB/TB
|
90-100
|
70-90
|
<70
|
LLA/U
|
85-100
|
70-85
|
<70
|
LLA/TB
|
85-100
|
75-85
|
<75
|
1. Marasmus
a. Pengertian Marasmus
Marasmus adalah bentuk malnutrisi kalori protein yang
terutama akibat kekurangan kalori yang berat dan kronis terutama terjadi selama
tahun pertama kehidupan dan mengurusnya lemak bawah kulit dan otot. Mempunyai
Individu dengan marasmus mempunyai penampilan yang sangat kurus dengan
tubuh yang kecil dan tidak terlihatnya lemak.(Dorland, 1998:649). Marasmus
biasa menyerang siapa saja atau bias menyerang semua usia.
- Etiologi
Penyebab utama marasmus adalah kurang kalori protein
yang dapat terjadi karena : diet yang tidak cukup, kebiasaan makan yang tidak
tepat atau karena kelainan metabolik dan malformasi kongenital.
- Tanda dan Gejala
Pada mulanya ada kegagalan menaikkan berat badan,
disertai dengan kehilangan berat badan sampai berakibat kurus,dengan kehilangan
turgor pada kulit sehingga menjadi berkerut dan longgar karena lemak subkutan
hilang dari bantalan pipi, muka bayi dapat tetap tampak relatif normal selama
beberaba waktu sebelum menjadi menyusut dan berkeriput, serta wajah seperti
orang tua. Abdomen dapat kembung dan datar. Terjadi atropi otot dengan akibat
hipotoni. Suhu biasanya normal, nadi mungkin melambat, tekanan darah dan
frekuensi napas menurun, kemudian lesu dan nafsu makan hilang. Biasanya terjadi
konstipasi, tetapi dapat muncul apa yang disebut diare tipe kelaparan, dengan
buang air besar sering, tinja berisi mucus dan sedikit.
- Patofisiologi
Kurang kalori protein akan terjadi manakala kebutuhan
tubuh akan kalori, protein, atau keduanya tidak tercukupi oleh diet. (Arisman,
2004:92). Dalam keadaan kekurangan makanan, tubuh selalu berusaha untuk
mempertahankan hidup dengan memenuhi kebutuhan pokok atau energi. Kemampuan
tubuh untuk mempergunakan karbohidrat, protein dan lemak merupakan hal yang
sangat penting untuk mempertahankan kehidupan, karbohidrat (glukosa) dapat
dipakai oleh seluruh jaringan tubuh sebagai bahan bakar, sayangnya kemampuan
tubuh untuk menyimpan karbohidrat sangat sedikit, sehingga setelah 25 jam sudah
dapat terjadi kekurangan. Akibatnya katabolisme protein terjadi setelah
beberapa jam dengan menghasilkan asam amino yang segera diubah jadi karbohidrat
di hepar dan ginjal. Selama puasa jaringan lemak dipecah menjadi asam lemak,
gliserol dan keton bodies. Otot dapat mempergunakan asam lemak dan keton bodies
sebagai sumber energi kalau kekurangan makanan ini berjalan menahun. Tubuh akan
mempertahankan diri jangan sampai memecah protein lagi seteah kira-kira
kehilangan separuh dari tubuh.
- Pemeriksaan Penunjang
1. Pemeriksaan Fisik
a. Mengukur TB dan BB
b. Menghitung indeks massa tubuh, yaitu BB (dalam
kilogram) dibagi dengan TB (dalam meter)
c. Mengukur ketebalan lipatan kulit dilengan atas
sebelah belakang (lipatan trisep) ditarik menjauhi lengan, sehingga lapisan
lemak dibawah kulitnya dapat diukur, biasanya dangan menggunakan jangka
lengkung (kaliper). Lemak dibawah kulit banyaknya adalah 50% dari lemak tubuh.
Lipatan lemak normal sekitar 1,25 cm pada laki-laki dan sekitar 2,5 cm pada
wanita.
d. Status gizi juga dapat diperoleh dengan mengukur
LILA untuk memperkirakan jumlah otot rangka dalam tubuh (lean body massa, massa
tubuh yang tidak berlemak).
2. Pemeriksaan laboratorium : albumin, kreatinin, nitrogen,
elektrolit, Hb, Ht, transferin.
2. Kwashiorkor
a. Pengertian Kwashiorkor
Kwashiorkor ialah suatu keadaan kekurangan gizi (
protein ) yang merupakan sindrom klinis yang diakibatkan defisiensi protein
berat dan kalori yang tidak adekuat. Walaupun sebab utama penyakit ini
adalah defisiensi protein, tetapi karena bahan makanan yang dimakan kurang
mengandung nutrisi lainnya ditambah dengan konsumsi setempat yang berlainan,
maka akan terdapat perbedaan gambaran kwashiorkor di berbagai negara.
b. Etiologi
Selain oleh pengaruh negatif faktor sosial ekonomi,
budaya yang berperan terhadap kejadian malnutrisi umumnya, keseimbangan
nitrogen yang negatif dapat pula disebabkan oleh diare kronik, malabsorpsi
protein, hilangnya protein melalui air kemih ( sindrom nefrotik ), infeksi
menahun, luka bakar dan penyakit hati.
c. Patofisiologi
Pada defisiensi protein murni tidak terjadi
katabolisme jaringan yang sangat berlebihan, karena persediaan energi dapat
dipenuhi oleh jumlah kalori dalam dietnya. Kelainan yang mencolok adalah
gangguan metabolik dan perubahan sel yang menyebabkan edema dan perlemakan
hati. Karena kekurangan protein dalam diet, akan terjadi kekurangan berbagai
asam amino esensial dalam serum yang diperlukan untuk sintesis dan metabolisme.
Bila diet cukup mengandung karbohidrat, maka produksi insulin akan meningkat
dan sebagian asam amino dalam serum yang jumlahnya sudah kurang tersebut akan
disalurkan kejaringan otot. Makin berkurangnya asam amino dalam serum ini akan
menyebabkan kurangnya produksi albumin oleh hepar, yang kemudian berakibat
timbulnya edema. Perlemakan hati terjadi karena gangguan pembentukan beta-
lipoprotein, sehingga transport lemak dari hati terganggu, dengan akibat adanya
penimbunan lemak dalam hati.
- Gejala Kwashiorkor
- Pertumbuhan terganggu, BB dan TB kurang dibandingkan dengan yang sehat.
- Pada sebagian penderita terdapat edema baik ringan dan berat.
- Gejala gastrointestinal seperti anoreksia dan diare
- Rambut mudah dicabut, tampak kusam kering, halus jarang dan berubah warna
- Hilangnay massa otot
- Dermatitis dan meningkatnya kerentanan terhadap infeksi
- Kulit kering dengan menunjukan garis – garis kulit yang mendalam dan lebar, terjadi persisikan dan hiperpigmentasi
- Terjadi pembesaran hati, hati yang teraba umumya kenyal, permukaannya licin dan tajam.
- Anemia ringan selalu ditemukan pada penderita.
- Kelainan kimia darah yang selalu ditemukan ialah kadar albumin serum yang rendah, disamping kadar globulin yang normal atau sedikit meninggi.
- Pemeriksaan Labolaturium
Hampir semua kasus kwashiorkor memperlihatkan
penurunan kadar albumin, kolestrol dan glukosa dalam serum. Kemudian pada
umumnya kadar imunoglobulin serum normal, bahkan dapat meningkat. Meskipun
kadar IgA sekretori merendah.Gangguan imunitas seluler khususnya jumlah
populasi sel T merupakan kelainan imunologik yang paling sering dijumpai pada
malnutrisi berat.
Dampak gizi buruk
Dampak gizi buruk bias dilihat dari aspek tingkatan
usia
- Usia lanjut
Daya tahan tubuh renda
Mudah sakit
kematian
- Usia sekolah dan produktif
Daya tahan tubuh rendah
Absensi meningkat
Produktiviras rendah
Pendapatan rendah
- Janin bayi dan balita
Tumbuh kembang otak tidak optimal
Gangguan kecerdasan dan mental
Potensi pendidikan rendah
3.3 Penatalaksanaan (kolaborasi dengan dokter dan ahli
gizi)
Fase inisial (resusitasi)
– Atasi: hipoglikemia, hipotermia, dan dehidrasi
1. Hipoglikemia (gula darah < 54 mg/dL)
Terapi: sukrosa/ glukosa 10% 50 ml per oral/ sonde
lambung Berikan makan tiap 2 jam, min. 1 hari pertama . Jika tidak sadar,
glukosa iv/ glukosa 10% dengan sonde
2. Hipotermia (S < 35°C aksila / <35,5°C rektal)
Terapi: beri makan segera, selimuti termasuk kepala,
dekatkan pemanas atau lampu /tempatkan anak pada dada/perut telanjang ibu
à selimuti.
3. Dehidrasi
Dehidrasi R-S, CRO 70-100 ml/kgBB diberikan dlm 8-12
jam
4. Antibiotik
- Infeksi tidak nyata: kotrimoksazol (4 mg/kg/hr
trimetropim dan 20 mg/kg/hr sulfametoksazol, dibagi 2 dosis) selama
5 hari
- Infeksi nyata: ampisilin iv 100 mg/kgBB/hr, dibagi 4
dosis (2 hr), lanjut per oral (ampisilin/amoksilin); dan gentamisin 7.6
mg/kgBB iv/im sekali sehari (7 hari)
5. Nutrisi
- Energi 80-100 kkal/kg/hr, cairan 130 ml/kgBB/hr, F75
/2 jam/24 jam
- Vitamin-mineral: vit. A hr 1 &2
200.000SI/oral atau 100.ooo SI/IM diulang dosis yang sama hari ke-14
- Asam folat 5 mg hr I, selanjutnya 1 mg/hr 2 minggu
- MgSO4 40% 0,25 ml/kgBB/hr maks. 2 ml IM
10 hari
- ZnSO4 2-4 mg/kgBB/hr 2 minggu
- Tembaga (Cuprum): 0,3 mg/kgBB/hr 2 minggu
6. Pengobatan penyakit lain: TB, diare kronik, PJB.
Fase Transisi
Peralihan ke energi lebih tinggi sampai 150
kkal/kgBB/hr berupa F100 secara bertahap
Energi
|
0,75 kkal/ml
|
1kkal/ml
|
Susu bubuk
tanpa lemak
|
25
|
80
|
Gula
|
70
|
50
|
Tepung
sereal
|
35
|
-
|
Minyak
sayur
|
27
|
60
|
Campuran
mineral
|
20
|
20
|
Campuran
vitamin
|
140
|
140
|
Air
|
Tambah
sampai vol total 1000 ml
|
Tambah
sampai vol total 1000 ml
|
Fase Rehabilitasi
- Diet tinggi kalori 150-220 kkal/kgBB/hr
- Suplemen zat besi (FeSO4) 10 mg.kgBB/x, 3x/hr
- Atasi penyebab (infeksi, miskin)
- Pendidikan gizi dan kesehatan
3.4 Tumbuh Kembang
Perkembangan kepribadian, moral, dan kognitif.
Tahap/usia
|
Radius
hubungan bermakna(sullivan)
|
Tahap
psikoseksual (Freud)
|
Tahap
psikoeksual(Erikcson)
|
Tahap
kognitif (piaget)
|
Tahap
penilaian moral (Kohlberg)
|
Masa
anak-anak (sekolah)6-12 tahun
|
Tetangga,
sekolah
|
Latensi
|
Industry vs
inferioriti
|
Operasi
konkrit (berfikir induktif dan mulai logis) (4-7 tahun)
|
Tingkat
konvensional
Orientasi anak laki-laki yang baik, perempuan manis
Orientasi hokum dan perintah
|
- Pengelompokkan tumbuh kembang berdasarkan teori tumbuh kembang
- Teori psikososial Sigmund Freud
Usia sekolah merupakan tahap latensi (6-12 tahun
/ masa sekolah)
Karakteristik :
v energi digunakan untuk aktivitas fisik dan
intelektual
v Ini adalah periode tenang, dimana kegiatan
sexual tidak muncul (tidur).
v Anak mungkin terikat dalam aktivitas erogenus
(perasaan erotik) dengan teman sebaya yang sama jenis kelaminnya.
v Penggunaan koping dan mekanisme pertahanan
diri muncul pada waktu ini
v Konflik yang tidak diatasi pada masa ini dapat
menyebabkan obsesif dan kurang motivasi diri.
- Teori Erikson
Industri vs inferior (industry vs inferiority) — usia
sekolah (6-12 tahun)
karakteristik
v Indikator positif : mulai kreatif, berkembang,
manipulasi. Membangun rasa bersaing dan ketekunan.
v Indikator negatif : hilang harapan, merasa
cukup, menarik diri dari sekolah dan teman sebaya.
v Anak mendapatkan pengenalan melalui
demonstrasi ketrampilan dan produksi benda-benda serta mengembangkan harga diri
melalui pencapaian
v Anak dipengaruhi oleh guru dan sekolah.
v Perasaan inferior — terjadi pada saat orang
dewasa memandang usaha anak untuk belajar bagaimana sesuatu bekerja melalui
menipulasi adalah sesuatu yang bodoh atau merupakan masalah.
v Perasaaan inferior—ketidaksuksesan di sekolah,
ketidaksuksesan dalam perkembangan ketrampilan fisik dan mencari teman.
- Teori kognitif Piaget fase konkret operasional (7-11 tahun)
Karakteristik :
v memecahkan masalah konkret
v mulai mengerti tentang suatu hubungan misalnya
ukuran, mengerti kanan dan kiri
v Anak dapat membuat alasan mengenai apa itu,
tapi tidak dapat membuat hipotesa mengenai apa kemungkinannya dan dengan
demikian tidak dapat berpikir mengenai masalah ke depan.
- Teori Moral Kohlberg
Selanjutnya manusia juga harus mengalami perkembangan
moral dengan baik. Seorang pakar bernama Lawrence Kohlberg mengemukakan
teorinya tentang pemkembangan moral ini dengan menyatakan bahwa pada umumnya
manusia mengalami tiga tingkat perkembangan moral, sebagai berikut:
- Tingkat II (Konvensional) – pada tingkat ini ada 2 (dua) tahap:
- Tahao orientasi mengenai anak yang baik. Agar menjadi anak yang baik, perbuatannya harus diterima oleh masyarakat.
- Tahap mempertahankan norma-norma sosial dan otoritas, Di sini seseorang menyadari kewajibannya untuk ikut melaksanakan norma-norma yang ada dan mempertahankan pentingnya ada norma-norma.
- Tingkat III (Post Konvensional) – pada tingkat ini juga ada 2 (dua) tahap:
- Tahap orientasi terhadap perjanjian antara dirinya dengan lingkungan sosial. Di sini terhadap perjanjian antara diri seseorang dengan lingkungan sosialnya. Ia berbuat baik agar diperlakukan dengan baik.
- Tahap prinsip universal. Di sini terdapat berkembangnya norma etis (kata hati) untuk menentukan perbuatan moral dengan prinsip universal.
Usia sekolah (6-12 tahun)
Kelompok teman sebaya mempengaruhi perilaku anak.
Perkembangan fisik, kognitif dan sosial meningkat. Anak meningkatkan kemampuan
komunikasi.
Anak usia 6-7 tahun :
- membaca seperti mesin
- mengulangi tiga angka mengurut ke belakang
- membaca waktu untuk seperempat jam
- anak wanita bermain dengan wanita
- anak laki-laki bermain dengan laki-laki
- cemas terhadap kegagalan
- kadang malu atau sedih
- peningkatan minat pada bidang spiritual
Kebutuhan nutrisi terkait tumbuh kembang
anak usia sekolah
- Kebutuhan kalori anak usia sekolah adalah 85kkal/kg BB.
- Karakteristik :
- Anak dapat mengatur pola makn sendiri.
- Adanya pengaruh teman atau jajanan.
- Kebiasaan menyukai satu makannan berangsur-angsur hilang.
- Pengaruh aktivitas bermain dapat menyebabkan keinginnanya lebih besar pada aktivitas bermain daripada makan
- Pemenuhan nutrisi berdasarkan tumbuh kembang anak usia sekolah (6-12 tahun)
Komponen Makanan
|
Jenis kelamin
|
Usia (tahun)
|
Jumlah
|
Karbohidrat
|
Laki-laki
|
6-96-11
|
55%55%
|
Perempuan
|
6-96-11
|
55%55%
|
|
Protein
|
Laki-laki
|
6-96-11
|
14%14%
|
Perempuan
|
6-96-11
|
14%14%
|
|
Lemak
|
Laki-laki
|
6-96-11
|
33%33%
|
Perempuan
|
6-96-11
|
32%33%
|
|
Saturasi asam lemak
|
Laki-laki
|
6-96-11
|
12%12%
|
Perempuan
|
6-96-11
|
12%12%
|
|
Kolesterol
|
Laki-laki
|
6-96-11
|
225
mg/d232mg/d
|
Perempuan
|
6-96-11
|
190mg/d199mg/d
|
|
Asam linoleat
|
Laki-laki
|
4-8
|
10g/hari
|
Perempuan
|
4-8
|
10g/hari
|
|
Asam alfa linoleat
|
Laki-laki
|
4-8
|
0,9g/hari
|
Perempuan
|
4-8
|
0,9g/hari
|
|
Fe
|
Laki-laki
|
4-8
|
10g/d
|
Perempuan
|
4-8
|
10g/d
|
|
Zn
|
Laki-laki
|
4-8
|
5g/d
|
Perempuan
|
4-8
|
5g/d
|
|
Ca
|
Laki-laki
|
4-8
|
800g/dl
|
Perempuan
|
4-8
|
800g/dl
|
|
Serat
|
Laki-laki
|
6-96-11
|
13g14g
|
Perempuan
|
6-96-11
|
12g12g
|
|
Sodium
|
Laki-laki
|
6-96-11
|
3195mg3264mg
|
Perempuan
|
6-96-11
|
2764mg2839mg
|
|
Kafein
|
Laki-laki
|
6-96-11
|
23g25g
|
Perempuan
|
6-96-11
|
19g23g
|
3.5 Mekanisme Bicara
- Fungsi otak dalam proses komunikasi-input bahasa dan output bahasa
Salah satu perbedaan terpenting antara manusia dan
hewan tingkat rendah adalah adanya fasilitas pada manusia untuk berkomunikasi
dengan sesamanya. Terdapat dua aspek untuk dapat berkomunikasi; pertama aspek
sensorik atau input bahasa, yang melibatkan telinga dan mata. Kedua yaitu
aspek motorik (output bahasa), yang melibatkan vokalisasi dan pengaturannya.
Aspek sensoris dalam komunikasi.
Kerusakan pada bagian area asosiasi auditorik dan area
asosiasi visual dapat menimbulkan ketidakmampuan untuk mengerti kata-kata yang
diucapkan dan kata-kata yang tertulis. Efek ini secara berturut-turut disebut
sebagai afasia reseptif auditorik dan afasia reseptif visual.
ü Afasia Wernicke dan afasia global. Beberapa
orang mampu mengerti kata-kata yang diucapkan atau yang dituliskan namun tak
mampu menginterpretasikan pikiran yang diekspresikan. Keadaan ini sering
terjadi bila area wernicke yang terdapat posterior girus temporalis superior
pada hemisfer dominan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, tipe afasia ini
disebut afasia Wernicke. Bila lesi pada area Wernicke ini meluas dan menyebar
ke belakang regio girus angularis, ke inferior ke area bawah lobus temporalis,
ke superior ke tepi fisura longitudinalis sylvii, maka pasien akan tampak
seperti benar-benar terbelakang mental untuk mengerti bahasa dank arena itu
dinamakan afasia global
Aspek motorik komunikasi.
Proses bicara melibatkan dua stadium utama aktivitas
mental : (1) membentuk buah pikiran untuk diekspesikan berikut memilih
kata-kata yang akan digunakan, kemudian (2)mengatur motorik vokalisasi dan
kerja yang nyata dari vokalisasi itu sendiri. Pembentukan buah pikiran dan
bahkan pemilihan kata-kata merupakan fungsi area asosiasi sensorik otak. Area
Wernicke merupakan bagian yang paling penting untuk kemampuan ini. Oleh karena
itu, pasien yang mengalami afasia Wernicke tak mampu memformulasikan buah
pikirannya untuk dikomunikasikan. Atau bila lesinya tak begitu parah,
pasien masih mampu memformulasikan pikirannya namun tak mampu menyusun
kata-kata yang sesuai secara berurutan dan bersama-sama mengekspresikan
pikirannya. Kadangkala pasien fasih berkata-kata namun kata-kata yang
dikeluarkannya tidak beraturan.
ü Afasia motorik akibat hilangnya daerah
broca. Kadang pasien mampu menentukan apa yang ingin dikatakannya,
namun tak dapat mengatur system vokalnya untuk menghasilkan kata-kata selain
suara ribut. Efek ini disebut afasia motorik, disebabkan oleh kerusakan pada
area bicara Broca, yang terletak di regio facial prefrontal dan premotorik
korteks serebri
ü Artikulasi. gerakan otot-otot mulut,
lidah, laring, pita suara dan sebagainya yang bertanggung jawab untuk intonasi,
waktu dan perubahan intensitas yang cepat dari urutan suara. Regio fasial dan
laringeal korteks motorik mengaktifkan otot-otot ini, dan serebellum, ganglia
basalis, dan korteks sensorik semuanya membantu mengatur urutan dan
insensitas kontraksi otot , dengan mekanisme umpan balik serebelar dan
fungsi ganglia basalis. Kerusakan tiap region ini dapat menyebabkan
ketidakmampuan parsial atau total untuk barbicara dengan jelas.
- Proses Berbicara
Urutan berbicara adalah :
- Sinyal bunyi mula-mula diterima oleh area auditorik primer yang nantinya akan menyandikan sinyal tadi dalam bentuk kata-kata
- Kata-kata lalu diinterpretasikan di area Wernicke
- Penentuan buah pikiran dan kata-kata yang akan diucapkan juga terjadi di area Wernicke
- Penjalaran sinyal-sinyal dari area Wernikce ke area Broca melalui fasikulus arkuatus
- Aktivasi program keterampilan motorik yang terdapat di area Broca yang mengatur pembentukan kata
- Penjalaran sinyal yang sesuai ke korteks motorik untuk mengatur otot berbicara.
Dalam kasus An. S, kesulitan berkomunikasi selain
karena kurangnay stimulus eksterna juga karena kurangnya intake gizi dalam
sistem neurologis dan otak An. S. Hubungan antara gizi dengan sistem kerja otak
terlihat dalam table dibawah ini yang menunjukan fungsi dari beberapa nutrisi
untuk kerja otak :
3.6 Preventive dan Promotif
Ada tiga langkah yang diambil dalam mengatasi gizi
buruk, yaitu tindakan promotif, preventif dan kuratif. ”Tindakan promotif yaitu
bagaimana caranya mengajak masyarakat agar sadar dan mau melakukan sesuatu agar
gizi buruk tidak terjadi.
Tindakan awal agar anak tidak menderita gizi buruk
adalah menjaga kehamilan, agar anak yang lahir tidak menderita cacat fisik atau
lahir dengan berat badan rendah. Namun, jika sudah telanjur terjadi, langkah
yang diambil adalah tindakan preventif atau pencegahan. ”Untuk mencegah agar
anak tidak menderita gizi buruk, maka selain makanan utama, anak harus
diberikan makanan tambahan. Jika sudah telanjur menjadi gizi buruk, tindakan
kuratif atau pengobatan yang diambil.
Upaya penyediaan pelayanan yang terjangkau dan
berkualitas (supply side)
- Meningkatkan jumlah fasilitas kesehatn sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan populasi dan luas wilayah
- Meningkatkan pelayanan dan gizi masyarakat miskin
- Peningkatan pelayanan kesehatan didaerah terpencil, tertinggal, serta pulau-pulau terluar
- Revitalisasi system pelayanan kesehatan dasar dengan meningkatkan integritas seluruh sub system yang ada, memperbaiki menejemen pelayanan kesehatan, mobilisasi SDM, meningkatka kualitas pelayanan kesehatan dan memperkuat pemberdayaan masyarakat
- Meningkatkan kemampuan menejemen program dengan mengintensifkan PWS sebagai instrument menejemen di lapangan
- Intervensi gizi di setiap kebupaten disesuaikan dengan besaran masalah
- Intervensi yang dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota, yaitu : pendidikan gizi dan pemberdayaan keluarga : suplementasi gizi terdiri dari kapsul vitamin A, suplementasi rabiet Fe (multiple micro nutrient) kepada ibu hamil, dan fortifikasi pangan.
- Intervensi gizi yang spesifik disesuaikan dengan masalah gizi dan propinsi GAKIN, yaitu pemberian makanan tambahan kepada ibu hamil dan balita, serta tatalaksan gizi buruk.
Upaya meningkatkan permintaan masyarakat terhadap
kesehatan
- Melakukan kolaborasi dengan seluruh institusi yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat dalam pemasaran social kesehatan secara sistematis, terus menerus, dan tematik dengan mengunakan berbagai media efektif terpilih
- Memanfaatkan kelompok potensial lembaga adat, TOGA untuk memperluas informasi kesehatan.
- Menyediakaj media KIE yang cukup untuk semua lapisan masyarakat.
- Mengintegrasikan kegiatan pendidikan kesehatan kedalam kegiatan pendidikan formal.
Upaya untuk perubahan perilaku masyarakat
- Mempercepat tercapainya desa SIAGA di seluruh wilayah denagnmemperkuat system kesehatan Desa/Kelurahan (dengan merevitalisasi seluruh sub sistemnya, termasuk posyandu) sebagai wadah partisipasi dan pemberdayaan masyarakat di bidang gizi dan kesehatan.
- Memberdayakan dan menggerakan kelompok masyarakat seperti pondok pesantren, sekolah, SBH, kelompok pekerja untuk memasyarakatkan perilaku hidup sehat dan sadar gizi.
3.7 Proses Keperawatan
- Riwayat Keperawatan
- Riwayat Keluhan Utama
Pada umumnya anak masuk rumah sakit dengan keluhan
gangguan pertumbuhan (berat badan semakin lama semakin turun), bengkak pada
tungkai, sering diare dan keluhan lain yang menunjukkan terjadinya gangguan
kekurangan gizi.
- Riwayat Keperawatan Sekarang
Meliputi pengkajian riwayat prenatal, natal dan post
natal, hospitalisasi dan pembedahan yang pernah dialami, alergi, pola
kebiasaan, tumbuh-kembang, imunisasi, status gizi (lebih, baik, kurang, buruk),
psikososial, psikoseksual, interaksi dan lain-lain. Data fokus yang perlu
dikaji dalam hal ini adalah riwayat pemenuhan kebutuhan nutrisi anak (riwayat
kekurangan protein dan kalori dalam waktu relatif lama).
- Riwayat Kesehatan Keluarga
Meliputi pengkajian pengkajian komposisi keluarga,
lingkungan rumah dan komunitas, pendidikan dan pekerjaan anggota keluarga,
fungsi dan hubungan angota keluarga, kultur dan kepercayaan, perilaku yang
dapat mempengaruhi kesehatan, persepsi keluarga tentang penyakit klien dan
lain-lain.
- Pengkajian Fisik
Meliputi pengkajian pengkajian komposisi keluarga,
lingkungan rumah dan komunitas, pendidikan dan pekerjaan anggota keluarga,
fungsi dan hubungan angota keluarga, kultur dan kepercayaan, perilaku yang
dapat mempengaruhi kesehatan, persepsi keluarga tentang penyakit klien dan lain-lain.
Pengkajian secara umum dilakukan dengan metode head to too yang meliputi:
keadaan umum dan status kesadaran, tanda-tanda vital, area kepala dan wajah,
dada, abdomen, ekstremitas dan genito-urinaria.
Fokus pengkajian pada anak dengan Marasmus-Kwashiorkor
adalah pengukuran antropometri (berat badan, tinggi badan, lingkaran lengan
atas dan tebal lipatan kulit). Tanda dan gejala yang mungkin didapatkan adalah:
ü Penurunan ukuran antropometri
ü Perubahan rambut (defigmentasi, kusam, kering,
halus, jarang dan mudah dicabut)
ü Gambaran wajah seperti orang tua (kehilangan
lemak pipi), edema palpebra
ü Tanda-tanda gangguan sistem pernapasan (batuk,
sesak, ronchi, retraksi otot intercostal)
ü Perut tampak buncit, hati teraba membesar,
bising usus dapat meningkat bila terjadi diare.
ü Edema tungkai
ü Kulit kering, hiperpigmentasi, bersisik dan
adanya crazy pavement dermatosis terutama pada bagian tubuh yang sering
tertekan (bokong, fosa popliteal, lulut, ruas jari kaki, paha dan lipat paha).
v Inspeksi
ü lihat keadaan klien apakah kurus, ada
edema pada muka atau kaki
ü lihat warna rambut, kering dan mudah
dicabut
ü mata cekung dan pucat
ü pada marasmus terlihat pergerakan usus
v Auskultasi
ü dengar denyut jantung apakah terdengar bunyi
S1, S2, S3 serta S4
ü bagaimana dengan tekanan darahnya
ü dengarkan juga bunyi peristaltik usus
ü bunyi paru – paru terutama weezing dan ronchi
v Perkusi
ü perut apakah terdengar adanya shitting
duilnees
ü bagaimana bunyinya pada waktu melakukan
perkusi
v Palpasi
ü hati : bagaimana konsistensinya, kenyal, licin
dan tajam pada permukaannya. Berapa besarnya dan apakah ada nyeri tekan
ü pada marasmus usus terasa dengan jelas
ü limpa : apakah terjadi pembesaran limpa
ü tungkai : apakah ada pembesaran pada tungkai
- Pemeriksaan Penunjang
Pada pemeriksaan laboratorium, anemia selalu ditemukan
terutama jenis normositik normokrom karenaadanya gangguan sistem eritropoesis
akibat hipoplasia kronis sum-sum tulang di samping karena asupan zat besi yang
kurang dalam makanan, kerusakan hati dan gangguan absorbsi. Selain itu dapat
ditemukan kadar albumin serum yang menurun. Pemeriksaan radiologis juga perlu
dilakukan untuk menemukan adanya kelainan pada paru.
Pemeriksaan Labolatorium
? Biokimia :
ü Hb anemia
ü kadar albumin yang rendah
ü kadar globulin kadang – kadang rendah dan
tinggi
ü kadar asam amino biasanya kurang dari satu
? Biopsi : ditemukan perlemakan pada hati, dan
terjadinya nekrosis dan infiltrasi
? Autopsi : hampir semua organ tubuh mengalami
degenerasi seperti jantung, tulang
Analsa Data
Data
|
Masalah
|
Etiologi
|
Data Subjektif :
-
Data Objektif :
|
Perubahan
nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh
|
asupan
yang tidak adekuat
|
Data
Subjektif:
-
Data Objektif :
|
Gangguan
pertumbuhan dan perkembangan asupan kalori dan protein yang tidak adekuat
|
asupan
kalori dan protein yang tidak adekuat
|
Rencana Asuhan Keperawatan
1) Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh b/d
asupan yang tidak adekuat
Tujuan : Klien akan menunjukkan peningkatan status
gizi.
Kriteria Hasil :
- Keluarga klien dapat menjelaskan penyebab gangguan nutrisi yang dialami klien, kebutuhan nutrisi pemulihan, susunan menu dan pengolahan makanan sehat seimbang.
- Dengan bantuan perawat, keluarga klien dapat mendemonstrasikan pemberian diet (per sonde/per oral) sesuai program dietetik
Intervensi
|
Rasional
|
1.
Jelaskan kepada keluarga tentang penyebab malnutrisi, kebutuhan nutrisi
pemulihan, susunan menu dan pengolahan makanan sehat seimbang, tunjukkan
contoh jenis sumber makanan ekonomis sesuai status sosial ekonomi klien.
2. Tunjukkan cara pemberian makanan per sonde, beri
kesempatan keluarga untuk melakukannya sendiri.
3. Laksanakan pemberian roborans sesuai program
terapi.
4. Timbang berat badan, ukur lingkar lengan atas dan
tebal lipatan kulit setiap pagi.
5. Kolaborasi dengan ahli gizi menyusun menu dan
kalori.
6. kolaborasi dengan dokter untuk pemasangan NGT.
|
1.
Meningkatkan pemahaman keluarga tentang penyebab dan kebutuhan nutrisi untuk
pemulihan klien sehingga dapat meneruskan upaya terapi dietetik yang telah
diberikan selama hospitalisasi.
2. Meningkatkan partisipasi keluarga dalam pemenuhan
kebutuhan nutrisi klien, mempertegas peran keluarga dalam upaya pemulihan
status nutrisi klien.
3. Roborans meningkatkan nafsu makan, proses
absorbsi dan memenuhi defisit yang menyertai keadaan malnutrisi.
4. Menilai perkembangan masalah klien.
5. menu dan kalori dibutuhkan untuk memenuhi
kekurangan nutrisi anak.
6. NGT dapat membantu pemenuhan nutrisi anak
walaupun keadaannya tidak memungkinkan untuk makan lewat oral.
|
3. Gangguan pertumbuhan dan perkembangan b/d asupan
kalori dan protein yang tidak adekuat.
Tujuan : Klien akan mencapai pertumbuhan dan
perkembangan sesuai standar usia.
Kriteria:
Pertumbuhan fisik (ukuran antropometrik) sesuai
standar usia.
Perkembangan motorik, bahasa/ kognitif dan
personal/sosial sesuai standar usia.
Intervensi
|
Rasional
|
1. Ajarkan
kepada orang tua tentang standar pertumbuhan fisik dan tugas-tugas
perkembangan sesuai usia anak.2. Lakukan pemberian makanan/ minuman sesuai
program terapi diet pemulihan.
3. Lakukan pengukuran antropo-metrik secara berkala.
4. Lakukan stimulasi tingkat perkembangan sesuai
dengan usia klien.
5. Lakukan rujukan ke lembaga pendukung stimulasi
pertumbuhan dan perkembangan (Puskesmas/Posyandu)
|
1.
Meningkatkan pengetahuan keluarga tentang keterlambatan pertumbuhan dan
perkembangan anak.2. Diet khusus untuk pemulihan malnutrisi diprogramkan
secara bertahap sesuai dengan kebutuhan anak dan kemampuan toleransi sistem
pencernaan.
3. Menilai perkembangan masalah klien.
4. Stimulasi diperlukan untuk mengejar keterlambatan
perkembangan anak dalam aspek motorik, bahasa dan personal/sosial.
5. Mempertahankan kesinambungan program stimulasi
pertumbuhan dan perkembangan anak dengan memberdayakan sistem pendukung yang
ada.
|
BAB IV
PENUTUP
1.1
Kesimpulan
Dari kasus diatas dapat disimpulkan bahwa An. S
(7tahun) mengalami malnutrisi dalam golongan underweight dan sudah
termasuk gizi buruk, diagnos ini didapat berdasarkan manifestasi klinis yang
ditunjukan oleh anak. Selain itu bisa juga ditentukan dari antropometri. Untuk
underweight itu sendiri dibagi menjadi 2, yaitu marasmus dan juga kwashiorkor
dimana ciri-ciri yang muncul adalah berbeda. Gangguan komunikasi yang dialami
oleh An. S bisa diakibatkan oleh kekurangan nutrisi yang dialami oleh An. S
atau bisa juga karena kurangnya stimulus eksternal, karena pemenuhan nutrisi
sangat mempengaruhi kerja otak dan syaraf.
Dari kasus dapat ditegakkan diagnose keperawatan
perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh b/d asupan yang tidak adekuat dan
kekurangan volume cairan tubuh b/d penurunan asupan peroral dan peningkatan
kehilangan dengan penanganan yang merujuk pada diagnosa dan menerapkan
intervensi yang terkait tumbuh kembang.
1.2
Saran
Setelah dilakukan analisa dari kasus, maka dapat
diajukan saran-saran agar mahasiswa keperawtan dapat lebih teliti dalam
menghadapi masalah gizi dan mendapatkan hasil yang diharapkan sebagai berikut :
- Diharapkan mahasiswa keperawatan dapat menganalisa mengenai gizi ditiap tahap tumbuh kembang.
- Diharapkan mahasiswa keperawatan dapat mempelajari masalah gizi bukan hanya dari definisi, akan tetapi dari aspek lain agar dapat mengetahui penanganan dan spesifikasi dari masalah yang dialami.
- Diharapkan mahasiswa keperawatan dapat menegakkan diagnose sesuai dengan masalah yang dialami dan dapat menegakkannya menurut prioritas serta melakukkan tindakkan berdasarkan diagnose.
- Dengan dibuatnya makalah ini, diharap mahasiswa paham tentang bagaimana promosi dan preventif dari masalah gizi seta bagaimana merealisasikannya terhadap diri sendiri kususnya dan mayarakat umumnya.
REFERENSI
- Potter & Perry, 2006. “Fundamental Keperawatan Volume 2”. Jakarta : EGC.
- Shwartz, William M.2005. “Pedoman Kinis Pediatri”. Jakarta : EGC.
- Williams .2005. “Basic Nutrition & Diet Thetapy”. St. Louis : Westline Industrial Drive.
- Wong, Donna L. 2004. “Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik”. Jakarta : EGC.
- Seminar pengembangan profesi gizi oleh: dr. Ina Hernawati,MPH “ Pencegahan dan Penanggualangan Gizi Buruk” 22 Desember 2008.
- Seminar pengembangan profesi gizi (Nutrition for the Nation) oleh : Prof. Dr. dr. Does Sampoerno “ Overview Masalah Gizi Buruk di Indonesia”. 22 Desember 2008.
- http://witrilegina.blogspot.com/2008/09/askep-malnutrisi-under.html
0 komentar:
Posting Komentar